Sabtu, 28 September 2013

Motivasi pak teddy Catatan entrepreneur ke 16

Catatan Entrepreneurku ke 16

Aduh mohon maaf sebelumnya, karena catatan ini sudah 4 minggu tidak terbit, saya tidak mengira bahwa banyak sekali teman teman yg membutuhkannya dan perkuliahan di kampus termasuk UCEO mulai secara serentak dan kebetulan saya mendapatkan jatah kelas yang cukup banyak, ditambah lagi kesibukan di perusahaan saya sendiri..

Melanjuti Bidang Innovasi pada radar innovasi yang dulu sebelum ini saya sampaikan, kali ini saya ingin menjelaskan mengenai bidang "customer"..

Customer itu orang atau lembaga yg beli product atau jasa kamu itu... coba deh perhatiin yg namanya customer disaat kamu meluncurkan suatu produk atau jasa...dia pasti liat liat, tanya - tanya harga, mikir bulak balik sampe akhirnya dia memutuskan beli atau tidak. Nah sekarang coba kamu bayangkan atau perhatikan lebih lagi masalah customer ini.. misal kamu buka toko atau warung atau apapun itu, customer yg datang itu pasti mempunyai suatu kesamaan..misalnya, sama sama jarak umur nya (misal umur 21 - 30 thn), atau semua sama wanita, atau semua sama sama pria, atau semua sama sama orang dengan tingkat ekonomi menengah (pendapatan bulanan sekitar 3 sd 20 juta), atau bahkan semua sama sama orang dengan tingkat ekonomi kalangan bawah (pendapatan dibawah 3 juta per bulan)...yg pasti ada kesamaan pada mayoritas customer kamu..

Apabila kamu bisa menemukan (dan harus) kesamaan ini maka itulah yg disebut dengan target market berdasarkan segmentasi pasar kamu..

Nah itu tadi cerita kan kalo untuk orang yg sudah punya bisnis tuh, gimana kalo buat yang baru mau mulai business.... bisa dua nih, ada yg menemukan product dan jasa nya dulu baru bikin strategi bisnis nya, atau bisa jadi mempelajari target customer segment nya dulu baru mikirin product dan jasa apa yg diterima mereka sampe mereka tak sanggup menolaknya..

Mengapa mempelajari segmentasi pasar / customer ini sangat perlu ?? jelas dong perlu karena ini bagian dari strategi business yang membuat anda fokus dan tidak buang buang energi, modal dan semua sumber daya anda.

Saya kasih contoh ya

Misalnya anda jago dah yg namanya masak nasi goreng...nasi goreng ciptaan anda bahkan sudah anda ujicoba dan semua bilang Uenakkk tenannn...nah karena keahlian anda ini anda mau buka warung atau resto nasi goreng di Madiun karena kamu orang madiun..

siapa target dan segmen pasar anda ?

Oh saya mau jual ini ke seluruh penduduk madiun pak, yg jumlahnya 5000 orang?...
Oke, karena target anda adalah penduduk madiun yg jumlahnya 5000 orang maka strategi nya kearah sana, misalnya, jangan bikin nasi goreng anda terlalu pedes dong, orang sana ga terlalu suka pedes, laen hal nya sama saya orang sunda yg kalo ga pedes saya gak akan beli....nah kamu tanya lagi kesaya, tapi pak, 20% orang madiun suka kok pedes, oh ya???kalo gitu gini aja, kasih dah sambel di meja jadi orang madiun yg suka pedes bisa nambah sendiri...hehehehe

nah lain nih kalo misalnya awalnya kamu bilang gini, saya target pasar sih orang madiun pak, 5000 orang, tapi saingan saya juga ada pak, ada yg buka warung nasi goreng sama persis seperti yg saya pengen.... wah ini dia nih yg repot, karena biar bagaimana pun siapa yg lebih dulu buka mempunyai keuntungan tersendiri dimana ga mudah ambil pasar dia, padahal kalo kamu buka warung yang sama dengan dia artinya kan kamu berusaha rebut pasar nya dia (orang yg biasa makan disana kamu ajak makan dikamu, kan begitu ya)

Nah, kalo gitu gimana nih strategi nya, kamu bisa maen kan customer segmen nya...kalo saingan kamu itu target 5000 orang madiun, ya kamu target yg lebih fokus lagi misalnya, orang madiun dengan usia 15 - 25 tahun pak, alias anak muda madiun...

Wah kalo ini sih strategi bisa beda, misalnya, warung nya kamu design seperti cafe karena orang muda kan biasanya suka nongkrong tuh, bisa juga kamu tambahin dengan wifi internet sehingga mereka bisa internetan juga disitu, dan meja nya bisa dibikin berdua - berdua karena anak muda biasanya pacaran kan.... dan sebagainya

Mengenali siapa target pasar anda, kemudian melakukan segmentasi pasar akan sangat membantu keberhasilan business anda...syaratnya anda harus bener bener kenali siapa dia, kebiasaannya apa, bagaimana dia memilih sesuatu dan lain sebagainya

Gampang ya ............. sukses deh

Salam Entrerpreneur dari Univ Ciputra

Teddy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar